admin@smkn1sintang.sch.id (0565) 21377

PELATIHAN MESIN CNC DI SMK NEGERI 1 SINTANG

Home >Berita >Sabtu, 29 Februari 2020 >PELATIHAN MESIN CNC DI SMK NEGERI 1 SINTANG

SMK Negeri 1 Sintang mengadakan "Pelatihan Pemrograman dan maintenance Mesin CNC", kegiatan ini dilaksanakan selama lima hari mulai senin 24  Februari sampai Jumat 28 februari 2020.

Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru teknik Pemesinan, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik, serta mengupdate teknologi tentang permesinan khususnya di bidang mesin-mesin CNC.

Apa itu Mesin cnc? Computer Numerical Control, disingkat CNC, (berarti "komputer kontrol numerik") merupakan sistem otomasi mesin perkakas yang dioperasikan oleh perintah yang diprogram secara abstrak dan disimpan di media penyimpanan, hal ini berlawanan dengan kebiasaan sebelumnya di mana mesin perkakas biasanya dikontrol dengan putaran tangan atau otomasi sederhana menggunakan cam. Prinsip kerja NC/CNC secara sederhana dapat diuraikan sebagai berikut:

  • Pemrogram membuat program CNC sesuai produk yang akan dibuat dengan cara pengetikan langsung pada mesin CNC maupun dibuat pada komputer dengan perangkat lunak pemrograman CNC.
  •  CNC tersebut, lebih dikenal sebagai G-Code, seterusnya dikirim dan dieksekusi oleh prosesor pada mesin CNC menghasilkan pengaturan motor servo pada mesin untuk menggerakan perkakas yang bergerak melakukan proses permesinan hingga menghasilkan produk sesuai program.

Adapun mesin CNC yg dimiliki Kompetensi keahlian Teknik Permesinan SMK Negeri 1 Sintang Meliputi CNC Milling, CNC Lathe (bubut).

Peserta Pelatihan diikuti oleh Guru Produktif Teknik Permesinan sebanyak 4 orang dan perwakilan  peserta didik sebanyak 8 orang. Serta Instruktur Profesional Bapak Zakaria Surati, ST dari Jakarta.

Kegiatan pelatihan di awali dengan pembukaan pukul 08.00 WIB, pada hari senin, 24 Februari 2020 yang di hadiri oleh  para manajemen sekolah, guru TPM, serta perwakilan peserta didik  bertempat di Ruang Rapat SMKN 1 Sintang. Dalam sambutannya Ibu Maria Victoria, M.Pd selaku Kepala Sekolah mengatakan "dengan adanya bantuan mesin cnc khusus jurusan teknik Permesinan yang selama ini di tunggu-tunggu mesinnya, denga mengucap syukur pada tahun 2020 ini mendapat bantuan dari kementrian pendidikan dan kebudayaan berupa mesin cnc. Semoga dengan mesin yang baru dapat meningkatkan kompetensi baik guru maupun peserta didik sehingga mutu pendidikan di SMKN 1 Sintang semakin baik".

Menurut bapak Zakaria Surati, ST selaku Instruktur mengatakan "sudah seharusnya SMK yang ada di Indonesia baik negeri maupun swasta mendapatkan fasilitas peralatan praktik lengkap dan sesuai dengan perkembangan zaman tak terkecuali SMKN 1 sintang yang baru dapat bantuan peralatan mesin cnc dari pusat".

Salah satu peserta didik sebut saja namanya Andre mengatakan " saya merasa senang atas di tunjuk mengikuti pelatihan mesin cnc, dan selama pelatihan saya banyak mendapat pengetahuan yang bermanfaat dan pengalaman tentang praktik mesin cnc, terima kasih bapak dan ibu guru, terima kasih SMKN 1 Sintang".

Materi pelatihan diantaranya setting mesin CNC Milling, setting mesin CNC Lathe (bubut), setting mesin Milling  manual,  materi gambar master cam, membuat program CNC, praktik mengoperasi mesin CNC, serta maintenance mesin.

Kegiatan pelatihan berjalan dengan lancar tanpa ada rintangan yang berarti, dan semua peserta merasa senang dan puas atas kegiatan pelatihan ini, semoga kegiatan semacam ini dapat berkesinambungan sehingga pengetahuan dan kompetensi terus meningkat dan siap menyongsong Era Industri 4.0.  Ammin. (Syai).